Minggu, 24 Februari 2008

8 Kiat Sukses di Tahun 2008

Pertumbuhan ekonomi di tahun 2008, diprediksi akan melambat. Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar mengambil strategi untuk menghadapinya saat bisnis kita mungkin akan enemui kesulitan ditahun ini. Dalam tulisan ini, saya akan memberikan 8 tips sukses buat anda.

1. Branding
Melalui program tips ini, anda diharapkan dapat membuat suatu brand/citra khusus dari bisnis anda yang dikenal masyarakat. Ada kalanya, hal-hal yang tampak sepele, malah menjadi brand untuk bisnis anda. Branding seperti ini sangat penting dalam meraih atau paling tidak mempertahankan pelanggan anda. Pelanggan anda akn menjadi selalu ingat akan Produk anda, karena citra yang tidak dimiliki oleh produk saingan lainnya. Apa lagi Brand itu sangat baik dikenal. Dijamin pelanggan anda tidak akan kabur.

2. Look in The Other People View
Seperti seseorang yang sedang memancing ikan, patilai in akan menggunakan cacin sebagai umpannya. Mengapa bukan roti saja ? Ya, karena ikan hanya suka cacing, bukan roti. Walaupun dimata kita manusia, roti tentu lebih enak ketimbang cacing.
Sama halnya dalam berbisnis. Kita harus benar-benar jeli melihat apa yang sebenarnya diinginkan/disukai oleh pelanggan kita. Mungkin tentang desain dan kualitas produknya, layanananya atau hal-hal lainnya, walaupun terkadang itu semua tidak sesuai dengan selera kita. Jangan memaksakan kehendak kita yang kurang sesuai dengan kehendak pelanggan. Egoisme bisnis perlu dihilangkan. Bagaiananpun kepuasan pelanggan harus diutamakan. Kita tentunya tidak mau jika pelanggan kita kabur karena tidak pua akan produk kita, bukan ?
Riset pemasaran sangat dibutuhkan untuk mengetahui selera konsumen kita. Selain itu kita juga harus bisa menawarkan suatu produk yang dapat menarik hati calon konsumen kita, denga membuat mereka penasaran, ingin mencoba produk kita tersebut.

3. Networking
Program ini bertujuan untuk menciptakan kebanggan tersendiri pada konsumen kita sehingga, tanpa disuruh pun mereka akan merekomendasikan produk kita yang merka konsumsi pada orang lain lagi. Ini memberikan keuntungan ganda pada kita, menjadi sarana promosi yang paling murah sekaligus mempertahankan loyaitas pelanggan kita. Namun sekali lagi, kita harus ingat bahwa kebanggan akan produk kita akan tercipta jika tercipta pula kenimatan dan kepuasan konsumen dari produk yang di konsumsinya.

4. Go Internet
Melaui jaringan internet, kita dapat menggakses beragam informasi penting berkaitan dengan perkembangan bisnis. Melalui kumpulan informasi itu, kita juga dapat menemukan inspirasi baru bagi pengembangan bisnis.
Selain itu melalui internet, kita bisa mamasrkan produk kita keseluruh dunia dengan biaya yang relative lebih murah.

5. Copy and Improve
Adakalnya kita harus meniru system/model yang dibuat orang lain untuk kita implementtasikan pada bisnis kita. Selagi semuannya itu baik bagi perkembangan bisnis kita, jangan malu, lakukanlah !
Satu halyang harus diingat, jangan mengkopi sesuatu secara mentah-mentah. Perlu adanya beberapa penyesuaian sesuai dengan karakteristik bisnis kita. Setelah itu barulah kita elakukan improvisasi/pengembangan hasil kopian itu sehingga hasil yang tercapai melebihi apa yang sudah kita copy sebelumnya. Hal inilah yang diharapkan menjadi suatu keunggulan competitive bagi bisnis kita.

6. Konsisten dan Fokus
Sangat penting diterapkan dalam aktivitas bisnis. Melihat kondisi ekonomi yang melemah, jangan sampai orientasi/tujuan awal bisnis kita juga ikut-iktutan melemah. Disaat kita goyah, itulah saat yang meatikan bagi bisnis kita. Orang yang tidak konsiten, dapat dengan mudag ia diombang-ambingkan dan akhirnya termakan gerusan ombak badai Ekonomi yang melanda.
Kita harus ingat bahwa ekonomi memiliki siklus yang terus berulang. Saat semuanya tumbang dan hanya kita yang tetap konsisten, memberikaan keuntungan tersendiri saat situasi ekonomi menjadi bangkit kembali.
Kita juga harus konsisten mempertahankan Nilai /Value yang dimiliki produk. Jika kita mampu mempertahnkannya walau dalam kondisi ekonomi yang sulit sekalipun, hal itu akan membuktikan pada masyarakat bahwa bisnis kita adalah bisnis yang sudah teruji dan lebih berkualitas disbanding dengan produk saingan lainya. Ini akan membawa kepercayaan yang besar akan produk kita.

7. Do Your Plan
Jika anda sekarang sudah punya rencana bisnis yang siap dijalankan, ada baiknya jika anda melaksanakannya sekarang juga, mengingat banyak orang saat ini mencoba inspirasi baru. Jika anda terus menunda-nunda rencana, jangan salahkan diri sendiri jika dikemudian hari rencana tersebut sudah kedahuluan orang lain. Mereka mencuri start dari anda.

8. Don’t Forget to The God
Di Dunia yang serba tak menentu seperti ini, terkadang kita tak siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi. Keadaan bisa jadi berbalik arah dan tidak sesuai dengan ekspektasi kita.
Banyak pelaku ekonomi yang menyepelekan satu hal ini, yaitu bantuan Tuhan. Mereka menganggap bahwa sudah tidak jamannya lagi berharap padanya. Mereka cukup berusaha dengan sumber daya pribadinya sendiri. Argument seperti itu salah.
Anda harus tahu bahwa dunia ini berada dalam kekuasaan Setan. Dia juga memiliki kendali sepenuhnya atas perekonmian dunia. Manipulasi, Spekulasi, Penimbunan illegal, Kecurangan, dan segala bentuk keserakahan lain, merupakan wujud buah-buah pikirannya. Oleh karena itu unutk dapat bertahan menghadapinya, kita perlu Iman dan bantuan Tuhan.
Dengan sepenuhnya bersandar padanya dan melemparkan segala kekhawatiran kita, Tuhan akan enyertai perjalanan bisnis anda di tengah kesulitan ekonomi ini.


Penulis: John William
Mahasiswa S1 Manajemen
STIE Perbanas Surabaya
081938057898
Bisnis Wisdom : www.tanadisantoso.com

Bagi Anda yang punya masalah bisnis, konsultasikan masalah anda pada alamat email saya: johnwilliam_sby@yahoo.com atau apa nomor HP saya yang tertera di atas. Insya allah saya akan menjawabnya.

Tidak ada komentar: