Rabu, 27 Februari 2008

Wisata Sejarah Biak



WISATA SEJARAH KABUPATEN BIAK NUMFOR

Pulau Biak pernah dipakai sebagai pangkalan utama militer asing dikawasan pasifik pada saat Perang Dunia I dan II. Bangsa yang pertama kali mengunakan Pulau ini adalah Militer Belanda. Mereka membangun sarana militer yang sangat komplit pada zamanya. Mulai dari Landasan terbang, Hanggar pesawat, Pelabuhan Pendaratan, hingga Kompleks rumah militer. Banyak persenjataan juga didatangkan di pulau ini. Tank, dan kendaraan militer lain banyak dijumpai saat itu. Beberapa diataranya masih dipajang dimuseum yang bersebelahan dengan Goa Jepang (lihat gambar 3)

Bangsa kedua yang memanfaatkan pulau ini adalah Bangsa Jepang. Mereka menguasai Pulau ini dari Bangsa Belanda. Namun pendudukan tersebut tak berlangsung lama. Mereka terus-menerus diserang oleh pasukan sekutu yang ingin menguasai kembali pulau itu dari pendudukan jepang.

Untuk bertahan menghadapi gempuran tentara sekutu, Militer Jepang banyak membuat atau memanfatkan Goa bawah tanah yang banyak terdapat di Pulau ini. Bahkan ada goa yang terbagi 2 Bagian, salah satu bagianya ada yang mencapi panjang 15 km ke bagian timur Pulau ini (lihat gamar 2). Sedangkan sisi lainnya menjadi Saksi Bisu kedahsyataan Bom Sekutu yang sampai membuat lubang besar hingga menjebol goa dibawahnya dan berhasil membunuh sekitar 5000 tentara jepang yang mencoba bersembunyi dibawahnya, seketika itu juga (lihat gambar 1 diatas).

Setiap tahun banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke tempat ini. Mulai dari yang sekedar melihat panorama peninggalan Perang Dunia ini atau merka yang datang kesini untuk bersiarah. Mereka yang bersiarah kebanyakan berasal dari Jepang. Yang anggota keluarganya menjadi korban atas Pemboman Sekutu dahulu.

Masih banyak objek wisata sejarah lain yang terdapat di Pulau ini. Diantaranya adalah Goa 5 Kamar yang menjadi tempat bersembunyi tentara Jepang, dan Goa sekaligus Museum Parai yang berhubungan langsung dengan Goa Jepang sepanjang 15 km seperti yang disebutkan sebelumnya.

Maka sangatlah menarik jika Anda sekali-sekali bekunjung ke Pulau ini. Dijamin anda Puas.

Ditulis oleh: John William (Mahasiswa asal Biak)

Kunjungi juga:

Wisata Bahari Biak | Wisata Pantai Biak

Situs Resmi Pemkab: www.biak.go.id

Stus Referensi www.biaknumfor.com

1 komentar:

Marcel mengatakan...

tulisannya mantap nih nap... sukses terus yaaaa...